Jalan cepat adalah salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik yang cukup unik. Dalam nomor ini, setiap atlet harus mencapai garis finis dengan berlomba-lomba menjadi yang terdepan dengan berjalan kaki. Namun, setiap atlet dilarang untuk memutus kontak antara kaki bagian bawah dengan tanah. Hal tersebut berbeda dengan olahraga lari yang memperbolehkan kaki untuk melayang. 

Jalan cepat memiliki berbagai jarak tempuh. Mulai dari 3 kilometer hingga 50 kilometer. Bergantung pada kompetisi perlombaan dan pembagian gender. Berikut adalah berbagai jarak dalam jalan cepat:

1. Jarak 3 Kilometer/3000 Meter

Pertama adalah lomba jalan cepat 3 kilometer atau 3000 meter. Kompetisi ini diperlombakan sebagai perlombaan lintasan dan merupakan bagian dari program atletik untuk wanita di World Indoor Championships in Athletics untuk IAAF hingga tahun 1993. Dalam jalan cepat, atlet harus selalu tetap menyentuh tanah, sementara kaki pendukung harus tetap lurus hingga kaki yang terangkat melewatinya. 

2. Jarak 5 Kilometer/5000 Meter

Kedua adalah lomba jalan cepat 5 kilometer atau 5000 meter. Kompetisi ini diperlombakan sebagai perlombaan lari dan merupakan bagian dari program atletik untuk pria di World Indoor Championships in Athletics di IAAF hingga tahun 1993. 

3. Jarak 20 Kilometer

Jarak terpendek dalam lomba jalan cepat program kejuaraan internasional adalah 20 kilometer. Perlombaan ini secara tradisional diadakan di jalur jalan melingkar. Lomba jalan cepat 20 kilometer telah diperlombakan untuk kategori pria di Olimpiade sejak tahun 1956. Sementara, untuk kategori wanita, jalan cepat 20 kilometer pertama kali dilombakan dalam Olimpiade 1992. 

Tiongkok telah menjadi salah satu negara yang dominan dalam lomba jalan kaki 20 kilometer akhir-akhir ini, memenangkan empat dari enam medali putra yang ada di Olimpiade 2012 dan 2016.

4. Jarak 35 Kilometer

Sama seperti jalan cepat 20 kilometer, jarak 35 kilometer secara tradisional juga diadakan di jalur jalan melingkar. Lomba jalan cepat 35 kilometer adalah kompetisi jalan cepat yang menjadi disiplin kejuaraan standar pada tahun 2022, dengan rekor dunia pertama yang diakui setelah 1 Januari 2023.

5. Jarak 50 Kilometer

Lomba jalan cepat 50 kilometer menjadi bagian dari disiplin dalam Olimpiade pada tahun 1932. Sementara, wanita pertama kali berkompetisi dalam lomba jalan cepat 50 km di World Athletics Championships 2017 di London. Lomba lari 50 km untuk wanita tidak lagi diperlombakan dalam program Olimpiade Tokyo 2020. (*)

  RELATED ARTICLES