M. Deka Pratama menjadi juara Lari 100 meter putra North Sumatera Qualifiers

SMK Jambi Medan bakal kembali berlaga dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Hal tersebut diungkap oleh salah satu pelajar sekolah tersebut, Muhammad Deka Pratama. Yang sebelumnya menjadi wakil SMK Jambi Medan dan memperoleh juara untuk nomor 100 meter putra dalam gelaran SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers. 

Deka, begitu ia kerap disapa, menjadi salah satu wakil North Sumatera Qualifiers di babak National Championship. Sayangnya, ia belum bisa merebut podium juara untuk tingkat nasional. Namun, dirinya bertekad mampu kembali mengejar National Championship. Bersama dengan sekolahnya yang tahun ini membawa lebih banyak pasukan. 

“Nanti SMK Jambi akan bawa 15 murid untuk SAC Indonesia. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami. Kami ada target bersama untuk bisa semua ke National Championship,” ungkap Deka. 

Baca Juga: Tanpa Klub dan Pelatih, M. Deka Pratama Juarai Sprint 100 Meter Putra

Deretan pelajar yang mengikuti SAC Indonesia dari SMK Jambi juga berlatih bersama. Bahkan, intensitasnya juga ditambah. Hanya libur Sabtu-Minggu saja. Mereka berlatih setiap hari. “Kalau hari libur ya kita libur juga. Buat istirahatkan badan. Untuk tahun ini, totalitas lah. Ingin memberikan yang terbaik untuk sekolah dan daerah,” imbuh Deka. 

Deka berharap teman-temannya selalu optimis. Dirinya tahu bahwa persaingan tahun ini akan lebih berat dari tahun sebelumnya. “Tantangan jadi seorang atlet itu nggak hanya bakat fisik saja. Tetapi juga secara mental. Buat teman-teman ya semoga nggak down dan nggak liar orang lain. Karena kalau emang itu punya kita, pasti kita dapatkan,” kata Deka. 

Baca Juga: Deka Pratama Bidik Juara di National Championship untuk Kado Sang Ayah

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES