Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 akan segera bergulir. Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali digelar di Sumatera. Tepatnya di Kota Medan. Pendaftaran untuk Sumatera Qualifiers bahkan sudah dibuka sejak 24 Mei 2023. Hingga hari ini, pelajar di wilayah Sumatera berbondong-bondong untuk mendaftarkan dirinya. 

Ini merupakan kedua kalinya SAC Indonesia singgah di Kota Medan. Sebelumnya, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu menggelar kompetisi untuk Sumatera Utara (bertajuk North Sumatera Qualifiers) pada 11-12 November 2022. Hampir 5.000 pelajar di Sumatera Utara turut serta dalam kejuaraan tersebut. 

Saat itu, penyelenggaraan North Sumatera Qualifiers juga mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Bahkan, penyelenggaraan North Sumatera Qualifiers juga disaksikan oleh lebih dari 6.000 penonton dari semua kalangan. Mereka berharap SAC Indonesia diselenggarakan lagi untuk musim selanjutnya. 

North Sumatera Qualifiers juga melahirkan Champion SAC yang hebat dan sukses menembus babak National Championship maupun international training camp. Dia adalah Firli Sahputra. Siswa SMKN 2 Medan yang sukses meraih gelar juara di tingkat nasional. 

Namun, dengan atmosfer besar di musim pertamanya, apakah benar SAC Indonesia Sumatera Qualifiers akan lebih ketat tahun ini? 

Jawaban singkatnya, kemungkinan benar. Pasalnya, peserta SAC Indonesia tahun ini tidak terbatas pada Sumatera Utara saja. Pelajar dari provinsi mana pun di Sumatera diperbolehkan untuk mendaftar. Hanya saja, penyelenggaraan tahun ini tetap dilakukan di Kota Medan. 

Sehingga persaingan tahun ini tampaknya akan lebih ketat. Karena terbukanya peluang pelajar wilayah lain yang ingin mengikuti SAC Indonesia. Namun, jangan khawatir. Berlatih dengan giat dan sungguh-sungguh dapat mengantarkanmu untuk meraih gelar juara. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES