Foto : Pixabay

Jika hari sudah malam, dan perut keroncongan, tantangan terbesarnya adalah kamu harus mencari tahu apa yang bisa kamu makan dengan cepat, enak, dan tidak akan bikin kamu kelebihan berat badan.

Di sisi lain, ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan terlalu larut malam dapat membuat pengendalian berat badan lebih sulit. Jika kamu benar-benar lapar, camilan kecil kaya nutrisi di bawah 200 kalori biasanya menjadi pilihan yang pas di malam hari.

Beberapa camilan bahkan mengandung senyawa yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Berikut adalah 8 ide camilan larut malam yang mudah dan sehat.

1. Pisang dengan Mentega Almond

Pisang dan mentega almond merupakan perpaduan yang pas. Satu pisang kecil yang dicelupkan ke dalam satu sendok makan mentega almond tanpa pemanis adalah pasangan makanan yang lezat dan bisa membantu kamu tidur.

Pisang adalah salah satu dari sekian banyak buah yang diketahui relatif kaya akan serotonin. Beberapa serotonin ini dapat diubah tubuh menjadi melatonin. Sementara itu, mentega almond juga menyediakan beberapa melatonin. Nah, sebagaimana diketahui, melatonin juga merupakan sumber lemak sehat, vitamin E, dan magnesium yang baik.

2. Kiwi

Buah Kiwi memiliki rasa asam manis yang bergizi dan rendah kalori. Sebanyak dua buah kiwi jika dihitung hanya mengandung 84 kalori, 4 gram serat dan mengandung vitamin C. Selain itu, kiwi juga dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

3. Smoothie 

Makan cemilan kaya protein sebelum tidur dapat mendukung perbaikan otot. Smoothie adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan enak serta dapat mendukung perbaikan otot. Selain itu, Smoothie juga kaya protein yang baik untuk seseorang sebelum tidur.

4. Crackers dan Keju

Makanan ringan seperti keripik dari olahan gandum dan keju dapat menawarkan keseimbangan karbohidrat dan protein

Dari segi tidur, menggabungkan makanan kaya karbohidrat seperti keripik dengan sumber triptofan yang baik seperti keju membantu membuat triptofan lebih tersedia untuk otak. 

Artinya, senyawa tersebut dapat digunakan untuk membuat serotonin dan melatonin, yang membantu tidur.

5. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber kalsium yang baik. Yoghurt juga dikenal dapat menjaga kekuatan tulang, makanan tersebut baru-baru ini dipercaya dapat membantu seseorang tidur dengan lebih baik. Yoghurt, terutama yoghurt Yunani, juga kaya akan protein, terutama kasein.

Studi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein kasein di malam hari dapat membantu mengurangi rasa lapar keesokan paginya.

6. Tortilla

Tortilla dapat diisi dengan berbagai topping sebagai camilan untuk mengurangi rasa lapar di malam hari. Untuk membuat camilan sederhana ini, kamu cukup menghangatkan satu tortilla gandum utuh. Kemudian, pilih topping seperti selai kacang tanpa pemanis, atau olesan  selain yang lain. Cara menyajikannya, kamu cukup menggulung tortilla tersebut dan menikmatinya.

7. Telur

Telur adalah makanan kaya protein yang serbaguna dan bisa menjadi pendamping serta digunakan dalam berbagai makanan ringan. Tergantung berapa banyak waktu dan usaha yang ingin atlet lakukan.

Misalnya, siapkan telur rebus untuk camilan cepat. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi salad telur dan menyebarkannya di atas kerupuk.

8. Sereal 

Sereal gandum utuh seperti oatmeal adalah sumber serat yang baik. Plus, mereka umumnya lebih padat nutrisi. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa memanfaatkan Energen Champion sebagai pengganti sereal.  

Energen Champion merupakan salah satu makanan berenergi yang mengandung susu dan telur. Produk dari Mayora ini menjadi salah satu pilihan yang pas untuk pengganti sarapan dan memenuhi gizi keluarga. (*)

  RELATED ARTICLES