Para peserta babak penyisihan nomor 1.000 meter putra dalam SAC Indonesia National Championships

Kalian mungkin pernah mendengar istilah "daya ledak". Istilah ini biasanya berkaitan dengan atletik dan banyak dari kalian yang mungkin tidak tahu artinya. Dalam artikel ini, SAC Indonesia akan membahas apa sebenarnya arti daya ledak, bagaimana seorang atlet bisa mengembangkannya daya ledak, dan mengapa itu daya ledak itu penting: 

Apa itu daya ledak?

Daya ledak adalah kemampuan untuk menghasilkan kekuatan maksimum dalam waktu yang sangat singkat. 

Contoh sederhana dari gerakan yang terlihat daya ledaknya adalah melompat. Saat melompat, otot akan berkontraksi dengan sangat cepat untuk menghasilkan gaya yang diperlukan untuk mendorong tubuh ke udara.

Contoh daya ledak lainnya akan terlihat dalam aktivitas seperti lari cepat, mengayunkan pemukul atau melempar bola.

Bagaimana cara melatih daya ledak?

Untuk melatih daya ledak, atlet perlu melakukan latihan yang membantu mengembangkan serat kedutan cepat otot mereka. Ini adalah serat yang memungkinkan kita menghasilkan kekuatan paling besar dalam waktu sesingkat mungkin.

Ada dua jenis utama melatih daya ledak yang dapat membantu mengembangkan kekuatan ini. Misalnya, plyometrik dan angkat besi. Plyometrics adalah latihan yang melibatkan peregangan cepat dan kontraksi otot, seperti melompat.

Sementara itu, latihan angkat besi seperti squat dan cleans juga mengembangkan daya ledak, meskipun pada tingkat yang lebih rendah daripada plyometrics.

Program pelatihan online dapat membantu Anda menentukan latihan kecepatan dan eksplosif terbaik untuk kebutuhan Anda, serta memberi Anda latihan yang disesuaikan dan pelacakan kemajuan. 

Baca Juga: Deretan Latihan untuk Meningkatkan Daya Ledak

Mengapa daya ledak penting bagi atlet?

Daya ledak penting bagi atlet karena dapat membantu mereka meningkatkan kinerja dalam olahraga yang membutuhkan kecepatan atau kekuatan yang cepat. Seperti lari cepat, melompat, atau melempar bola.

Ini adalah faktor utama dalam kecepatan dan kemampuan melompat. Pada dasarnya, semakin banyak tenaga yang dihasilkan seorang atlet, semakin cepat mereka berlari, dan semakin tinggi lompatan mereka.

Apa keuntungan memiliki daya ledak?

Manfaat memiliki daya ledak dalam pengembangan atletik adalah dapat membantu atlet menjadi lebih cepat dan lebih bertenaga. Sehingga dapat meningkatkan performa dalam olahraga pilihan mereka.

Selain itu, daya ledak dapat membantu mengurangi risiko cedera karena otot yang mampu menghasilkan tenaga lebih kecil kemungkinannya untuk terlalu banyak bekerja atau tegang. (*)

  RELATED ARTICLES