Peserta kids athletic SAC Indonesia Jakarta Banten Qualifiers

Sepekan terakhir ramai perbincangan mengenai bekal yang baik untuk anak. Di media sosial Twitter, seorang influencer memprotes keras bahwa mie instan dan nasi tidak sebaiknya menjadi bekal makan siang untuk anak. Mengingat kandungan gizi di dua makanan pokok tersebut tidak seimbang. 

Sementara, beberapa orang lainnya memastikan bahwa boleh-boleh saja berbekal mie instan dan nasi, asal tidak terlalu sering untuk memberikan makanan tersebut pada anak. Nah, benarkah bahwa mie instan dan nasi tidak boleh terlalu sering untuk menjadi bekal anak?

Menurut Nutrition Development Specialist DBL Academy, Didit Pamungkas, setiap anak memang memiliki kebutuhan gizi masing-masing. Bahkan memiliki angka kecukupan energi dan gizi yg berbeda sesuai kebutuhan masing-masing. 

“Untuk anak jelas secara kesehatan ideal tidak disarankan. Karena mie dan nasi sama-sama karbo. Alias menu dalam satu kali makan tidak seimbang,” kata Didit. 

Didit menjelaskan bahwa pedoman gizi seimbang memiliki empat pilar. Dimulai dari mengonsumsi anekaragam pangan, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik (olahraga) dan mempertahankan berat badan ideal. 

Untuk yang pertama, Didit menguraikan bahwa satu kali makanan seimbang harus mengandung lauk pauk, buah-buahan, makanan pokok dan sayuran serta air putih. Sehingga dalam satu kali makan, sebaiknya dibarengi dengan komposisi gizi seimbang. Tidak hanya karbohidrat. 

Nah buat kamu yang masih bingung untuk membuat bekal dengan gizi seimbang selain mie instan dan nasi, berikut SAC Indonesia punya beberapa saran menu bekal sehat untuk anak: 

1. Nasi Goreng Ayam/Sosis

Nasi goreng adalah makanan yang disukai banyak orang. Termasuk anak-anak. Mengkombinasi nasi goreng dengan lauk pauk seperti brokoli, sawi, jagung dan kacang polong akan memberikan keanekaragaman gizi yang didapat oleh tubuh. 

Selain sayur-sayuran, kalian juga bisa menambahkan lauk mengandung protein seperti ayam maupun sosis. Hal tersebut juga dapat menaikkan nafsu makan anak. Untuk makanan penutupnya, kalian bisa menambahkan semangka dan buah-buahan lainnya yang berair. Mengingat santapan nasi goreng biasanya mengandung minyak.

2. Chicken Katsu

Chicken Katsu mungkin sering kalian temui di restoran makanan cepat saji. Tetapi kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan beberapa tambahan bahan makanan yang menyehatkan. 

Kalian hanya perlu membeli ayam tanpa tulang. Lalu bumbui dan lumuri dengan tepung terigu. Kemudian, celupkan ke dalam telur kocok dan lumuri dengan tepung roti diamkan dalam 60 menit lalu goreng.

Sajikan Chicken Katsu dengan nasi putih dan tumis brokoli. Untuk makanan penutupnya, kalian bisa menambahkan buah-buahan sesuai selera. 

3. Yogurt

Yogurt adalah pilihan yang bagus untuk sarapan, camilan, atau bahkan hidangan penutup. Tetapi kamu masih harus memperhatikan kandungan gula tambahannya. Yogurt adalah makanan ringan sehat dan mengenyangkan yang mengandung protein dan vitamin D. Kedua nutrisi yang jarang ditemukan dalam makanan anak.

Yogurt juga memberikan probiotik, bakteri baik yang penting untuk menjaga kesehatan usus. Beli yogurt yang tidak mengandung gula tambahan. Sangat mudah untuk menambahkan rasa sendiri dengan menambahkan buah-buahan dan menaburkan sereal gandum di atasnya.

4. Nugget Tahu Sayur
Nugget tahu sayur mungkin akan menjadi menu favorit semua orang. Kalian membutuhkan telur ayam, tahu putih, wortel (yang sudah dipotong kecil), jagung manis, tepung terigu, daun bawang,  bawang bombay dan tepung panir.

Cara membuatnya, kalian harus menghancurkan tahu tersebut hingga lembut, masukan wortel yang sudah dipotong, jangung, daung bawang dan bawang bombay. Masukan garam dan gula secukupnya, lalu kukus 15 menit. Setelah matang, potong berbentuk dadu dan celupkan dalam kocakan. Taburkan tepung panir dan goreng hingga matang. 

Sajikan nugget tahu sayur dengan nasi. Tambahkan mayonaise atau sosis sebagai pendamping. Tambahkan buah-buahan sebagai makanan penutup.

5. Omelette Brokoli

Selain nasi goreng, omelette brokoli adalah salah satu menu yang mudah dibuat. Siapkan telur ayam dan brokoli. Lalu kocok telur ayam tersebut dan masukkan brokoli. Kalian juga bisa menambahkan potongan sosis maupun keju. Kemudian, masak di atas margarin panas. 

Omlette brokoli dapat disajikan dengan nasi dan ditambah dengan jus buah-buahan kesukaan kalian. (*)

  RELATED ARTICLES