Ryan Crouser/World Athletics

Atlet tolak peluru asal AS, Ryan Crouser, baru saja memecahkan rekor dunia dengan mencatatkan lemparan peluru sejauh 23,56 meter dalam kejuaraan Grand Prix USATF Los Angeles. Kompetisi tersebut merupakan World Athletics Continental Tour Gold keenam musim ini. Yang diselenggarakan pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Bertempat di Stadion Drake UCLA, Crouser menambahkan lemparan sejauh 19 centimeter ke rekor dunia sebelumnya 23,37 meter yang dia peroleh saat tampil di US Olympic Trials di Eugene pada Juni 2021. 

Lemparan luar biasa berjarak 23,56 meter tersebut ia capai pada percobaan keduanya keempatnya. Crouser mengatakan bahwa meskipun lemparannya bagus, dia mengaku bisa melakukan yang terbaik dirinya.

“Saya sangat senang karena tidak terasa percaya diri,” jelas Crouser. "Rasanya seperti saya memiliki banyak kekuatan dan saya melakukan hal yang besar."

Baca Juga: 5 Atlet dan Rekor Tolak Peluru Terbaik dalam Sejarah

Crouser telah mengembangkan teknik baru. Atlet asal Portland, Oregon tersebut melibatkan langkah lebih besar melintasi ring daripada sikap yang lebih statis. Dia mengatakan bahwa dia menggunakan langkah tersebut di putaran kedua hingga enam, dan teknik tersebut benar-benar cocok untuknya.

“Saya akhirnya melihat pengembangan yang saya cari,” tambah Crouser. “Itulah yang paling membuat saya bersemangat.”

Menurut World Athletics, Ryan Crouser telah tampil gemilang pada Grand Prix kali ini. Upaya pertamanya memiliki lemparan 23,23 meter menjadi lemparan terpanjang kelima dalam sejarah dan upaya keduanya 23,31 meter adalah lemparan terpanjang ketiga dalam sejarah. 

Baca Juga: Ryan Crouser Ternyata Pakai Teknik Baru di Kejuaraan Grand Prix, Step Across

Peraih medali perunggu Olimpiade Tom Walsh dari Selandia Baru berada di urutan kedua dengan lemparan 22,12 meter, dan Payton Otterdahl dari AS di urutan ketiga dengan lemparan terbaik pribadi 21,99 meter. (*)

  RELATED ARTICLES