Yogi saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship

Rekor menjadi salah satu hal yang paling diperebutkan dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Dari lima nomor yang diperlombakan untuk kategori putra dan putri, West Java Qualifiers memegang dua rekor untuk dua nomor. Yakni tolak peluru putra dan lari 100 meter putra. 

Rekor tolak peluru putra dipegang oleh Bayanillah dari siswa SMAN 7 Cirebon. Dalam babak National Championship, Bayanillah sukses mencatatkan rekor dengan jarak 14,66 meter. Sementara itu, rekor lari 100 meter putra dipegang oleh Yogi dari siswa SMAN 1 Surade dengan catatan waktu 11,06 detik. 

West Java Qualifiers tentunya memiliki potensi yang besar dalam cabang olahraga atletik, melihat beberapa rekor yang telah tercipta di regional qualifiers tersebut. Sebelum memegang rekor tolak peluru di National Championship, Bayanillah juga memecahkan rekor di gelaran West Java Qualifiers dengan catatan tolakan 14,03 meter.

Namun, Bayanillah tidak kembali berpartisipasi untuk SAC Indonesia tahun ini karena telah lulus menempuh jenjang SMA. Meskipun begitu, Bayanillah mengaku optimis dengan potensi yang ada di West Java Qualifiers. “Tentunya ada nama-nama tertentu yang mungkin bisa unggul. Kayaknya ada banyak,” kata Bayanillah. 

Baca Juga: Dampingi West Java Qualifiers, Ernawan Witarsa: Kami Siap Bersaing!

Sementara itu, Yogi memastikan diri akan kembali berkompetisi dalam SAC Indonesia. Khususnya untuk nomor lari 100 meter putra. Siswa SMAN 1 Surade tersebut tentunya akan menjadi lawan yang tangguh bagi peserta lari 100 meter putra. Yogi juga meraih podium ketiga dalam Athletics West Track and Field State Championship. 

Tahun lalu, West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari 4.300 peserta. Dengan potensi yang besar, ada kemungkinan bahwa rekor kembali pecah di West Java Qualifiers. Terlebih lagi Yogi, pemegang rekor tahun ini, kembali mengikuti SAC Indonesia. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Sebagai hasil kerjasama DBL Indonesia dan PB PASI, SAC Indonesia memiliki visi dan misi mempopulerkan cabang olahraga atletik di dalam negeri. Khususnya di kalangan pelajar Indonesia. 

SAC Indonesia dalam waktu dekat akan membuka registrasi di West Java Qualifiers dan Sumatera Qualifiers. Pendaftaran dapat dilakukan di kolom registrasi di sacindonesia.com. (*)

  RELATED ARTICLES