Energen Champion SAC Indonesia 2022 sukses digelar. Salah satunya di Provinsi Sumatera Utara. Dengan tajuk North Sumatera Qualifiers, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut sukses diikuti hampir 5.000 peserta, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, hingga menghasilkan juara tingkat nasional yang bertandang ke Australia. North Sumatera Qualifiers juga berhasil membangkitkan semangat berlomba bagi pelajar di Sumatera Utara.

Mengingat Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan segera dilaksanakan, SAC Indonesia akan membawa kalian flashback sebentar tentang keseruan acara ini di musim lalu. Berikut adalah lima momen paling mengesankan dalam Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers:

1. Diikuti oleh Hampir 5.000 Peserta

Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers diikuti sebanyak 179 sekolah. Dengan jumlah peserta hampir mencapai 5.000 siswa. Data tersebut berdasarkan perhitungan registrasi terakhir pada North Sumatera Qualifiers November lalu. 

Jumlah tersebut merupakan total siswa yang mengikuti nomor lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari estafet, tolak peluru hingga lompat jauh dari semua jenjang. Mulai dari SD, SMP hingga SMA. Dalam North Sumatera Qualifiers, mereka berlomba di Stadion Universitas Negeri Medan.

2. Dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

Energen Champion SAC Indonesia 2022-North Sumatera Qualifiers secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Kehadiran orang nomor satu di Sumatera Utara tersebut membuat para peserta lomba lebih bersemangat. 

Edy Rahmayadi juga percaya, dari siswa tingkat SD, SMP dan SMA pasti ada bakat yang lahir untuk Sumatera Utara. Nantinya, anak-anak yang lahir dari SAC Indonesia dapat diberi pembinaan, bertingkat, berlanjut dan berjenjang.

3. Awarding Juara Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers

Salah satu momen paling dinantikan oleh para peserta Energen Champion SAC Indonesia adalah momen awarding. Di momen ini, para juara dianugerahi gelar sebagai yang terbaik di masing-masing nomor lomba. Salah satu juara lompat jauh North Sumatera Qualifiers bahkan berhasil menembus babak National Championship hingga training camp ke Australia.

4. Pemberian Motivasi oleh Atlet Nasional Asal Sumatera Utara

Banyak atlet nasional yang menghadiri gelaran Energen Champion SAC Indonesia. Tak terkecuali dalam North Sumatera Qualifiers. Di hari pertama saja, sudah ada dua atlet hebat yang terbukti hadir di Stadion Unimed. Yakni Sukraj Singh, pemegang rekor tolak peluru putra di Indonesia. Juga hadir sprinter kenamaan Indonesia, Parluatan Siregar.  Kedua atlet tersebut memberikan banyak motivasi untuk pelajar-pelajar muda. 

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers akan digelar pada 1-3 September. Dan berlokasi di Stadion Unimed, Medan. Diharapkan kehadiran SAC Indonesia 2023 bisa menjadi ruang bagi pelajar di Sumatera untuk terus mengembangkan cabang olahraga atletik. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES